Tetap Aktif Bekerja Selama Puasa

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh setiap umat muslim di dunia. Setiap umat muslim berlomba-lomba mengerjakan ibadah. Karena bulan Ramadhan hanya satu tahun sekali, sangat disayangkan jika kita meninggalkan puasa hanya karena takut lelah dalam melaksanakannya.

Berikut ini adalah tips agar ibadah puasa kita tetap terjaga :

1. Niat
Kita harus meluruskan niat kita, karena segala sesuatu yang kita laksanakan tergantung dari kebulatan niat kita. Puasa akan terasa ringan jika kita memiliki niat yang kuat.

2. Perbanyak ibadah
Jika biasanya kita nongkrong di kafe saat jam istirahat, hendaknya diisi dengan ibadah seperti mendengarkan ceramah atau aktifitas lainnya guna meningkatkan ibadah

3. Jangan melaksanakan aktifitas yang terlalu berat
Hasil riset telah membuktikan bahwa tubuh manusia sebenarnya mampu untuk tidak makan selama 2 minggu asalkan tetap minum ataupun tanpa minum selama kurang lebih 1 minggu saja. Karena kekurangan tenaga akibat puasa ini, tubuh memanfaatkan energy dari cadangan gula otot (glikogen) apabila cadangan dalam glikogen tubuh habis, maka tubuh akan menggunakan cadangan lain seperti protein dan lemak. Disarankan untuk tidak melakukan pekerjaan yang memerlukan banyak tenaga. Apabila diperlukan untuk menjalani aktivitas yang berat, hendaknya lebih banyak mengkonsumsi air agar tidak dehidrasi dan cadangan gizi lain seperti susu.

4. Atur Menu saat Berbuka dan Sahur
Pengaturan menu berbuka dan sahur adalah salah satu faktor penting dalam menjalankan ibadah puasa. Pilihlah makanan 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan metabolism tubuh dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Apabila perlu konsumsi multivitamin untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

5. Olahraga
Lakukan olah raga ringan seperti yoga, atau senam low impact atau pemanasan ringan untuk melemaskan otot tubuh sebelum berangkat ke kantor atau satu jam sebelum berbuka. Dengan berolah raga maka akan meningkatkan semangat kita dalam beraktivitas dan beribadah di bulan ramadhan.

 

Sumber: http://blog.tuneeca.com/tips-and-tricks/tetap-aktif-bekerja-saat-puasa/